Packing

Harga jasa atau barang akan meningkat harga dengan kemasan yang baik. Ya, packing mampu mendongkrak harga dari harga murah/rendah menjadi mahal. Hal ini dapat Kita temui pada produk-produk yang ada di pasaran. Mulai dari ayam goreng (McD, KFC, dibanding ayam goreng tanpa kemasan diwarung lesehan), criping ketela (Qtela dan criping diwarung makan di sekitar kita (tembalang)), dan masih banyak contoh yang lain.

Kenapa dengan packing harga suatu produk bisa meningkat harganya? Packing, proses packing sendiri memerlukan cost tersendiri, sehingga kenaikan produk akhirnya akan meningkat. Apakah packing berupa pembungkusan sendiri yang mampu meningkatkan harga? Bagaimanapun produk-produk yang ada dipasaran dengan packing bagus belum tentu diterima di semua pasar. Pasar disini dalam pengertian sempit, yaitu seperti swalayan, mall, minimarket, hypermarket, dan grosir. Pasar-pasar tertentu kadang menerapkan standart tertentu, maka disinilah masuk pada packing dalam pengertian yang lebih luas. Packing yang tidak hanya dalam pengertian pembungkusan atau pengemasan saja.

Packing tidak hanya dalam pengertian pengemasan saja, tetapi bagaimana packing mampu mendongkrak harga. Untuk lebih jelasnya mari kita bandingkan produk dengan kontent atau isi yang sama tetapi packing yang berbeda, dan pastinya dengan harga yang berbeda? Hal ini sepele mungkin tetapi perlu untuk Kita pikirkan. Kembali pada packing, untuk menembus pasar-pasar tertentu, dimana pasar tersebut menerapkan standard tertentu maka Kita harus menerapkan standard pada produk Kita. Sebagai contoh, dalam standard halal, standard DEP KES, standar packing dan masih banyak lagi, atau apabila Kita mengacu pada standard Indonesia terdapat SNI, untuk standard internasional terdapat ISO dan masih banyak lagi.

Standar mana yang akan Kita gunakan untuk packing makanan, sudah tentu standard yang berlaku pada makanan seperti sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( B POM ), Standard kesehatan yang dikeluarkan oleh Dinas kesehatan ( biasa Kita lihat pada bungkus ada tulisan DEP KES RI No.xxx ) dan untuk melengkapi perlu adanya komposisi bahan baku serta kandungan gizi yang dimiliki makanan tersebut, hal ini biasa dikeluarkan oleh laboratorium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s