Pulanglah Ke Magetan

“Pulanglah ke Magetan” mungkin inilah bisikan hatiku saat aku membaca sebuah artikel di “Seputar Semarang” sebuah harian suplemen dari koran Suara Merdeka. Suara Merdeka adalah koran untuk wilayah Jawa Tengah yang berkantor pusat di Semarang.

Apa yang membuat saya terharu, kaget bahkan heran dan takjub. Artikel dengan judul Komunitas Wayang Orang di Semarang Bertahan meski SEPI Penonton. Mungkin judul artikel itu tidak ada hubungannya dengan Magean, Bahkan setelah semua aku baca tidak ada kata MAGETAN. Namun, jika Anda orang magetan, mungkin Anda akan mengalami hal yang sama dengan saya.

Dalam artikel itu disebutkan bahwa Komunitas Wayang Orang tersebut dibentuk pada 1 Juli 1973 oleh Sastro Sabdho di Maospati Madiun. Kata madiun mungkin merupakan kebohongan publik tetapi mungkin informasi yang kurang dari sang narasumber, atau Magetan tidak di kenal. Yang jelas Maospati berada di Magetan dan bagaimana nasib Komunitas Wayang Orang bisa pulang kampung untuk membangun Magetan.

Situs pengembangan dan pelestarian budaya di Maospati masih eksis dengan industri gamelannya, menurut hemat saya, komunitas Wayang Orang masih punya rumah untuk pulang sehingga tidak mbambung. Jangan terpengaruh dengan judul artikel tetapi kritisi isinya. Apakah Komunitas Wayang Orang di Semarang perlu di gugat? Kasihan sekali, mereka sudah terlunta-lunta di negeri orang masih ingin di hujat, yang terpenting adalah hidupkan kembali komunitas Wayang orang di Magetan. Saya yakin semua rindu untuk bertemu karena kita adalah SAUDARA.

Prestasi komunitas wayang orang di Semarang sudah go internasional, mewakili Indonesia menjadi Duta wisata Indonesia. Sehingga aslinya, duta itu adalah Magetan, Putra Magetan.

Artikel Komunitas Wayang Orang di Seputar Semarang Edisi 186 Tahun IV 17-23 April 2007 bisa Anda baca di Kom WO

One response to “Pulanglah Ke Magetan

  1. marilah kita bangun bersama kabupaten magetan yang tercinta ini, sebenarnya magetan mempunyai SDM yang sangat tinggi namun orangnya tidak peduli dengan perkembangan kabupaten magetan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s